Minggu, 19 Oktober 2008

Islam Sebagai Pandangan Hidup

Overview
Banyak orang yang memilih Islam karena merasa lebih rasional dan lebih cocok dengan hati nuraninya, tetapi tidak sedikit pula yang memilih Islam karena terpaksa, tidak ada pilihan lain, "ikut-ikutan" pada pilihan orang tua yang sudah masuk Islam lebih dahulu, Walaupun mengikuti tradisi -- asal tradisi yang baik - juga baik, namun karena Allah sudah memberikan potensi akal dan nurani kapada manusia, maka akan lebih baik jika potensi akal dan nurani kepada manusia, maka akan lebih baik jika potensi tersebut disyukuri dengan cara memaksimalkan penggunaannya sesuai keinginan Sang Maha Pemberi dan Pengatur, yakni Allah SWT.
Pada bab ini akan dipaparkan mengapa Islam harus dijadikan sebagai pilihan hidup. Namun untuk lebih menyegarkan kembali pemahaman kita tentang Islam, maka akan sedikit dibahas tentang makna Islam.
Secara bahasa, Islam berasal dan kata silmun atau salamun yang berarti: selamat (as-salam), damai dan tenteram (al-shulhu wa al-aman), berserah. diri (al- Istislam), tunduk (al-khudlu), patuh (al-tha'ah). Jadi, Islam berarti keselamatan dan kedamaian karena berserah diri hanya kepada Alah SWT. Sedangkan Islam menurut istilah adalah Din atau agama yang bersumber dari Allah yang dibawa melalui para Rasul-Nya, sejak nabi pertama (Nabi Adam) hingga nabi terakhir (Nabi Muhammad) untuk kemaslahatan manusia di dunia dan di akherat.
Namun karena agama-agama samawi (langit) sudah dirubah oleh manusia sehingga tidak orisinal lagi, maka istiah "Islam" hanya ditujukan kepada apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, yakni sesuatu yang diturunkan Allah SWT dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah yang shahih berupa aturan yang berisi perintah, larangan dan petunjuk untuk kemaslahatan manusia di dunia maupun di akherat kelak (lihat : Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah, Kitab Masalah Lima, hlm. 278).

Bagi orang yang beriman dan berakal (berilmu), tentu ada alasan kenapa Allah sampai menegaskan : "Sesungguhnya agama disisi Allah hanyalah Islam''(Q.S Ali Imran (3) : 19). Diantara alasan kenapa Islam satu-satunya yang dianggap sebagai "din” (agama yang benar) di sisi Allah sehingga pantas dijadikan sebagai pilihan hidup? adalah sebagai berikut:
1. Islam adalah ajaran rabbayyah (ketuhanan)
2. Islam adalah ajaran insaniyah (kemanusiaan)
3. Islam adalah ajaran yang universal

Rabbaniyah
Islam yang berpedoman pada Al-Qur'an dan Sunnah Rasululloh SAW dirancang oleh Allah untuk mengatur hidup manusia demi terciptanya kemaslahatan hidup mereka di dunia maupun di akherat. Tetapi mustahil hal ini dapat dicapai tanpa memperbaiki hubungan dengan Allah SWT karena akhirnya seluruh manusia akan kembali dan menuju kepada-Nya. Allah berfirman : "Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju TuhanMu, maka pasti kami akan menemui-Nya' (Q.S AI-Insyiqaq (84): 6).
Untuk menuju kepada Allah SWT maka manhaj (metode) yang digunakan haruslah manhaj Rabbany (metode ketuhanan) yang murni bersumber dari Allah yang dirisalahkan kepada Rasul-Nya yang terakhir yakni Nabi Muhammad SAW. Murni yang dimaksud di sini adalah ajaran Islam selamat dari penyimpangan dan pencampur adukan dengan spekulasi-spekulasi pemikiran manusia, yakni : murni sumbernya, murni aqidahnya (theologi), dan murni syariat-nya (hukum-hukumnya). Allah sendiri menjamin kemurnian sumber ajarannya, seperti yang tertuang dalam firman-Nya : "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Dzikr (yakni Al-Quran) dan sesungguhnya Kami benar-benar menjaganya (Q.S Al Hijr (15): 19).
Hanya Al-Qur'an satu-satunya Kitab Suci dari Allah yang masih terpelihara dari perubahan akibat "ulah jahil" manusia. Kesucian Al-Qur'an dapat terjaga karena memang ada jaminan penjagaan dari Allah. Siapapun - termasuk Nabi sekalipun - tidak mempunyai wewenang dan kemampuan membuat Al-Qur'an. Allah SWT mengancam Nabi jika berani memalsukan Al-Qur'an, seperti dalam firman-Nya :''Ia adalah wahyu yang diturunkan dari Tuhan semesta alam. Seandainya dia (Muhammad) mengada-adakan sebagian perkataan atas (nama) Kami, niscaya benar-benar kami pegang dia pada tangan kanannya. Kemudian benar-benar Kami potong urat tali jantungnya, (Q.S Al-Haqqah (69): 43-46)

Insaniyah
Ini menunjukkan bahwa Islam yang bersumberkan Al-Qur'an dan as-Sunnah benar-benar ditujukan untuk manusia sehingga ajarannya pun disesuaikan dengan fitrah (kodrat dasar) dan kemampuan manusia. Karena Allah Maha Pencipta dan Maha Mengetahui detail keadaan ciptaan-Nya, sehingga din al-Islam sebagai syariat/aturan Allah untuk manusia disesuaikan dengan keadaan hamba-Nya, seperti dalam firman Allah : “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya (Q.S Al Baqarah (2); 286).

Islam mengakui adanya nafsu sex yang dimiliki manusia tetapi bukan untuk dikekang seperti para romo/pastur dan biksu yang tidak menikah, seperti firman Allah SWT : ",.,, dan mereka mengada-adakan rahbaniyah (tidak menikah)" (Q.S Al Hadid (57) : 27) dan bukan pula untuk diumbar secara bebas seperti kaum hedonis, Tetapi nafsu haruslah dkuasai agar bisa dikendalikan dan disalurkan di tempat yang dibenarkan syar’I (ketentuan Islam), dan bukan sebaliknya, nafsulah yang mengendalikan kita. Sebagai agama fitrah, Islam pun menyadari bahwa sebagian manusia menyenangi pada perhiasan dan membolehkannya untuk dimanfaatkan selama proporsional dan tidak berlebihan dalam timbangan agama (lihat Q.S Al-A'raf (7); 31-32).

Hak Asasi Manusia (HAM)
Sebelum dunia mengenal adanya Hak Asasi Manusia, 14 abad yang silam, Islam datang dengan mendeklarasikan bahwa manusia mempunyai hak yang harus dijaga, sebagaimana dia mengemban kewajiban yang harus dilaksanakan (lihat juga inti Piagam Madinah). Diantara hak tersebut adalah :
Hak hidup manusia
Islam memandang hidup sebagai karunia dari Allah SWT dimana tidak ada seorang pun yang boleh merampasnya. Seorang tuan tidak boleh merampas hak hidup budaknya. Pemerintah tidak boleh merampas hak hidup rakyatnya dan orang tua tidak boleh merampas hak hidup anaknya. Oleh Karenanya, Allah melarang membunuh anak wanita karena malu (lihat Q.S At-Takwir (81): 8-9) dan membunuh anak karena takut miskin (Q.S Al Isra’ (17); 31).

Dalam hak hidup, Islam tidak membedakan antara orang yang merdeka atau budak, bahkan sampai pada janin yang masih ada dalam kandungan mempunyai hak untuk dihormati, tidak boleh digugurkan, meskipun ia dan hasil hubungan perbuatan yang haram. Dalam rangka menjaga kelangsungan hidup umat manusia, Islam mensyariatkan hukum qishash bagi orang yang membunuh secara sengaja, tanpa alasan dan prosedur yang benar. Kata Allah : "Dan dalam qishah itu ada jaminan (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang orang yang berakal, supaya kami bertakwa”'(Q.S Al Baqarah (2): 179).

Di sini Islam lebih memilih mengorbankan seseorang yang memang bersalah (karena membunuh) agar orang banyak bisa merasa lebih aman karena terlindungi hak hidupnya dan agar mereka bisa mengambil pelajaran supaya tidak gampang merasa hak hidup orang lain.

Penghormatan terhadap hak hidup setiap insan lebih dipertegas lagi oleh Allah dengan firman-Nya : "...barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya” (Q.S Al-Maidah (5): 32).

Hak meyakini sebuah agama dan melaksanakan ibadah sesuai dengan agama yang diyakininya
Meskipun Islam diyakini sebagai satu-satunya din yang paling benar dan diridhai oleh Allah SWT, namun dalam menyampaikan Islam tidak boleh dengan pemaksaan, seperti firman Allah SWT : " Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam)... (Q.S Al-Baqarah (2) : 256). Oleh karenanya, keyakinan pada suatu agama dan pelaksanaan ritual keagamaannya kembali harus berjalan sendiri-sendiri tanpa ada tekanan dan pihak manapun, seperti firman Alah SWT : "Bagimu agamamu, bagiku agamaku' (Q.S Al-Kafirun (109) ; 6). Bahkan jika umat Islam mayoritas dan berkuasa di suatu wilayah maka mereka diwajibkan memberikan perlindungan kepada pelaksanaan ibadah agama lain, Hal ini didasarkan pada firman Allah SWT : "...Dan sekiranya Allah tidak mencegah sebagian manusia kepada sebagian lainnya, maka runtuhlah biara-biara, gereja-gereja, sinagong-sinagong dan tempat peribadatan lainnya yang di dalamnya banyak disebutkan nama Allah.." (Q.S Al-Hajj (22): 40).

Hal inilah yang kemudian mengilhami munculnya Piagam Madinah yang disusun oleh Nabi Muhammad SAW bersama para sahabatnya yang berisi deklarasi Hak Asasi Manusia (HAM). Inti Piagam Madinah tersebut adalah bahwa masing-masing merdeka mengerjakan agamanya dan tidak boleh saling mengganggu, dan wajib saling menjaga dan membantu keamanan antara mereka.

Hak kemuliaan dan penjagaan kehormatan
Islam mengharamkan menginjak-injak kehormatan manusia sebagaimana mengharamkan darah dan harta bendanya. Kata Nabi SAW :"Sesungguhnya Allah telah mengharamkan kepada kalian, darah, kehormatan dan harta kalian" (HR. Bukhari Muslim).

Untuk itu manusia tidak boleh disakiti baik secara fisik maupun non fisik misalnya dengan mempermalukan/merendahkan harga dirinya, mengumpat, mencela, memberikan gelar yang jelek, ghibah (menggunjing/gosip) dan semacamnya (Q.S AI-Hujurat (49); 11-12).

Hak hidup berkecukupan
Di dalam ajaran Islam, jika ada orang yang pendapatannya tidak memadai maka kerabat-kerabatnyalah yang berkecukupan yang paling berkewajiban membantunya. Allah berfirman : “Orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang kerabat) di dalam kitab Allah” (QS. Al-Anfal (7) : 75).

Jika tidak ada kerabat yang berkecukupan, maka harus diambilkan dari zakat kaum muslimin yang lain, sampai tercukupinya kebutuhan hidupnya. Kata sahabat Umar r.a : “Jika Anda memberi, maka cukupkanlah”.

SYUMUL

Islam itu universal (syumul). yang meliputi semua zaman, kehidupan dan eksistensi manusia.

Islam adalah risalah semua zaman. Islam adalah risalah yang dibawa para nabi sejak Nabi Adam a.s sampai nabi terakhir yakni Nabi Muhammad SAW, yang misinya adalah menyerukan kepada tauhidullah (menyembah/mengabdi kepada Allah) dan menjauhi thagut. Allah SWT berfirman : "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah thagut itu (Q.S An-nahl (13): 36).
Demikian juga firman Allah : “Dan Kami tidak mengutus rasul sebelum kamu, melainhan Kami wahyukan kepadanya : "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku' (Q.S An-Anbiya (21): 25).
Pernyataan para Nabi bahwa mereka semua muslim bisa dilihat antara lain dalam Q.S Yunus (10) : 72, Q.S AI-Baqarah (2): 128 dan 132, Q.S Yusuf (12): 101, Q.S Al-A'raf (7); 126, Q.S An-Naml (16) : 31, Q.S Ali Imran (3) : 52, dan lain sebagainya.

Islam adalah risalah bagi seluruh alam semesta (rahmatan lil ‘alamin). Firman Allah SWT : "Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melaihkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam, Katakanlah : "Sesungguhnya yang diwahyukan kepadaku adalah : “Bahwasanya Tuhanmu adalah Tuhan Yang Esa, maka tidakkah kamu berserah diri (kepada-Nya)” (Q.S Al-Anbiya (21) ; 107-108).

Demikian juga firman Allah SWT : “Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku (Muhammad) adalah utusan Allah kepadamu semua (Q.S. Al-Anbiya (21) : 107-28).

''Dan kami tidak mengutus kamu (Muhammad) meliankan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan… " (Q.S Saba' (34) ; 28), Bahkan dalam Q.S Al-Furqan (25): 1 dan Q.S Shad (38) : 87 dikatakan bahwa AI-Qur'an sebagai perigatan bagi Seluruh alam semesta.

Islam adalah agama dalam sehsruh fase dan sektor kehidupan. Islam mengatur seluruh fase kehidupan manusia dan semenjak sebelum dia belum lahir, masa bayi, kanak-kanak, remaja, tua, bahkan sampai setelah dia meninggal dunia. Tidak ada Jenjang kehidupan yang berlalu begitu saja, kecuali Islam mempunyai bimbingan, arahan dan ketentuan di dalamya. Demikian pula Islam merupakan risalah bagi manusia pada seluruh sektor kehidupan dan segala aktifitas kemanusiaannya, baik yang bersifat material ataupun spiritual, individu ataupun sosial, dan gagasan ataupun operasional. Islam menolak pemisahan kehidupan menjadi dua bagian (dikotomi). Konsep dikotomi ini awalnya berasal dari tokoh-tokoh Nasrani yang menyandarkan statemennya kepada Injil mereka, "Berikanlah apa yang menjadi hak milik kaisar kepada kasar, dan berikanlah aps yang menjadi hak milik Allah kepada Allah". Penolakan Islam terhadap pemisahan ini didasarkan pada argumentasi bahwa Islam menjadikan seluruh alam semesta beserta isinya adalah mutlak milik Allah SWT. Allah SWT berfirman : "Ingatlah sesungguhnya kepunyaan Allah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi „. " (Q.S Yunus (10) : 66). Dan juga : "...padahal kepada-Nya lah berserah diri segala apa yang ada dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah-lah mereka dikembalikan” (Q.S Ali Imran (3): 83).
Oleh karenanya, Islam tidak memisahkan persoalan politik, negara, ekonomi dengan sistem akhlak Islam.

Oleh karena Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, diturunkan untuk seluruh manusia dalam rentang waktu dan tempat (lihat Q.S. Al-Anbiya (21) : 107), maka Islam secara otomatis mencakup segala aspek/bidang kehidupan, kapanpun dan dimanapun. Tidak ada aspek kehidupan yang dilupakan dalam Islam. Firman Allah : “…. Tiadalah Kami alpakan sesuatu pun di dalam Al-Kitab … (Q.S. Al-An’am (6) : 38).

Di sini akan dijelaskan secara singkat tentang universalitas aspek ajaran Islam :
Syumulyah (universalitas) Aqidah Islam
1. Aqidah (Islamic theology) Islam bersifat universal karena mampu menjelaskan secara tuntas dan utuh terhadap seluruh masalah besar dalam persoalan kehidupan manusia, seperti masalah uluhiyah (ketuhanan), alam semesta, manusia, nubuwwah (kenabian) dan tempat kembali (akhirat).
2. Aqidah Islam bersifat universal karena tidak pernah membagi manusia di antara dua tuhan, yakni; Tuhan kebaikan dan cahaya, dengan Tuhan kejahatan dan kegelapan seperti dalam agama Majusi. Atau tidak membagi manusia diantara Allah dan setan yang dalam Injil dikenal dengan istilah “Pemimpin Alam" dan “Tuhan Kehidupan" dimana setan mempunyai kerajaan dunia sedang Allah mempunyal kerajaan langit. Dalam Islam, setan tidak mempunyai kuasa terhadap manusia kecuali kekuatan menggoda, merayu dan menyeru kepada kejahatan dan kesesatan. Pengakuan syaitan sebagaimana digambarkan Allah SWT dalam Al Qur'an : "Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu melainkan (sekedar)aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku." (Q.S IbraHm (14): 22). "Sesungguhnya syaitan ini tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya, Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyatah atas orang-orang yang mengambihya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersatukannya dengan Allah." (Q.S An-Nahl (16); 99-100).
3. Aqidah Islam bersifat universal karena ia tidak hanya disandarkan pada instink atau perasaan semata sebagaimana filsafat-filsafat ketimuran dan aliran-aliran thasawuf (Islamic mysticism) atau pada rasio akal (akal pikiran) semata sebagaimana filsafat-filsafat kemanusiaan yang menjadikan akal pikiran sebagai satu-satunya media untuk mengenal Allah atau media untuk memecahkan berbagai persoalan kehidupan, tetapi aqidah Islam disandarkan pada akal dan hati nurari secara bersamaan.
4. Aqidah Islam bersifat universal karena merupakan aqidah yang utuh, tidak mengenal pemilahan-pemilahan. Seseorang baru dikatakan seorang mu'min (orang yang beriman) bila ia mengimani Allah dan segala aspek yang datang dari-Nya. Allah SWT berfirman ; "Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan bermaksud memperbedakan antara (keimanan kepada) Allah dan rasul-rasulnya, dengan mengatakan: 'Kami beriman kepada yang sebagian dan kami kafir terhadap sebagian (yang lain)", serta bermaksud (dengan perkataan itu) mengambil jalan (tengah) diantara yang demikian (iman atau kafir). Merekalah orang-orang yang kafir sebenar-benarnya. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir itu siksaan yang menghinakan” (Q.S An-Nisa' (4): 150-151). Dan : "...Apakah kamu beriman kepada sebagian Al-Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian dan padamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat... “(Q.S Al- Baqarah (2): 95.).
Syumuliyah (universalitas) Syariat Islam
Syari'at Islam mencakup tata aturan bagi individu, keluarga, sosial kemasyarakatan, negara dan hubungan internasional. Ibadah Islam dalam arti luas mencakup seluruh aspek keberadaan manusia.
Seorang muslim tidak beribadah kepada Allah hanya dengan lisannya saja, atau anggota badannya saja, atau hatinya saja tanpa mengikutsertakan akal dan inderanya. Tetapi ia beribadat dengan semuanya itu. Dengan hatinya ia berharap dan takut, dengan lisannya dia berdzikir dan berdoa, dengan badannya ia shalat, puasa dan berjihad, dengan akalnya ia berfikir dan merenung, dan dengan inderanya ia pergunakan sesuai dengan kehendak Allah.

Syumuliyah (universalitas) Akhlak Islam
Akhlak Islam (Islamic ethic) menjangkau seluruh aspek kehidupan manusia tanpa kecuali, baik itu yang bersifat rohani maupun jasmani, intelektual atau instink, individual atau sosial, dan lain-lain.

Cakupan pembahasan akhlak Islam bisa dilihat sebagai berikut :
Yang berkenan dengan individu dalam semua seginya, seperti: kebutuhan jasmani dan keterbatasannya (Q.S Al-A'raf (7); 31), potensi akal untuk menalar kejadian sekitarnya (Q.S Yunus (10): 101), jiwa yang mempunyai potensi suci dan kotor (Q.S Asy Syams (91) :9-10)
Akhlak Islam yang berkaitan dengan kehidupan keluarga, seperti: hubungan antara suami-isteri (Q.S An-Nisa' (4): 19), hubungan dan tanggung jawab antara orang tua (Q.S Al-Israa' (17); 31) dan anak (Q.S AI-Ahqaaf (46): 15), dan hubungan antar kerabat (Q.S An-Nahl (16): 90 dan Q.S Al-Israa' (17): 26).
Yang berkaitan dengan kemasyarakatan dan kenegaraan, seperti: adab bertamu (Q.S An-Nur (24); 27) dan menerima tamu (HR.Bukhari Muslim), etika melakukan transaksi jual-beli (Q.S Al-Muthaffi (83); 1-3) atau utang-piutang (Q.S Al-Baqarah (2): 282), politik dan pemerintahan (Q.S An-Nisa" (4): 58).
Yang berkaitan dengan akhlak terhadap makhluk Allah yang lain, seperti akhlak terhadap hewan (Q.S Al-An'am (6): 38), tumbuhan dan lingkungan lainnya (Q.S Ar-Rum (30): 41).

Wasttuyyah dan Tawazun
Yang dimaksud dengan moderat atau seimbang disini adalah keseimbangan antara dua hal yang saling berhadapan, dimana salah satu dari keduanya tidak bisa berpengaruh dengan sendirinya dengan mengabaikan yang lain. Contoh dua hal yang saling berhadapan adalah antara : ruhiyyah (spritualisme) dengan maddiyah (materiateme), fardiyyah (individu) dengan jamaiyyah (kolektif), waqiiyah (kontekstual) dengan tathawwur (perubahan). Penciptaan alam semesta beserta isinya adalah fenomena tawazun. Allah berfirman : "Sesungguhnya Kami menciptakan segata sesuatu dengan ukuran" (Q.S Al Qomar (54): 49). "danDia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya” (Q.S Al-Furqan (25) : 2). "Kamu tidak akan melihat pada ciptaan Allah yang tidak seimbang, Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? (Q.S Al-Mulk (67); 3).
Al-Wasthiyyah dalam ajaran Islam. Dalam hal keyakinan Islam, adalah agama yang bukan dianut oleh kaum khurafat (berlebih-lebihan dalam keyakinan dan ibadah sehingga mempercayai sesuatu tanpa dalil), dan bukan oleh kaum maddiyin (yang mengingkari segala sesuatu yang tidak dapat terjangkau oleh indera), tetapi Islam mengajak berkeyakinan apabila keyakinan itu memiliki dalil yang pasti dan kuat (lihat Q.S Al-Baqarah (2) ; 111). Islam bukan dianut oleh kaum atheis (menafikkan Tuhan) dan bukan oleh kaum poliytnes (meyakini banyak Tuhan), tetapi Islam mengajak beriman pada Tuhan Yang Satu (Esa), Yang Maha Agung, Tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak beranak dan tidak diperanakkan.
Dalam ibadat dan syari'at, Islam bukanlah agama yang hanya mementingkan sisi ibadah ritual dan menjauhi hal-hal yang bersifat kebutuhan manusiawi duniawi, Contoh yang sangat jelas terdapat dalam Q.S Al-Jumu'ah (62) : 9-10 : "Hai orang-yang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum 'at, maka bersegaratah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah Jual Beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.".

Dalam sistem akhlak, Islam bukanlah agama yang menganggap manusia seperti malaikat, yang kemudian membuat aturan yang mustahil dapat dikerjakan oleh manusia, dan bukan pula menyamakan manusia dengan binatang yang kemudian membuat aturan tanpa aturan (bebas). Tetapi Islam memandang manusia sebagai makhluk yang berakal yang memiliki potensi kebinatangan (nafsu syahwat dan instink) dan potensi kemalaikatan (spritualitas ruhani). Allah berfirman “...dan jiwa serta penyempumaannya (ciptaannya), maka Allah mengihamkan kepada jiwa itu (jalan) ke-fasik-an (kerusakan) dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu, dan sesungguhnya merugilah orang-orang mengotorinya." (Q.S Asy-Syams (91): 7-10).

Senin, 13 Oktober 2008

Al-Quran and IPTEK

Sebagian orang yang rendah pengetahuan ke-islamannya beranggapan bahwa Al-Qur’an adalah sekedar kumpulan cerita-cerita kuno yang tidak mempunyai manfaat yang signifikan terhadap kehidupan yang moderen, apalagi jika dikorelasikan dengan IPTEK saat ini.Al-Qur’an menurut mereka cukuplah dibaca dengan sekedar mendapat pahalabacaannya, tidak untuk digali kandungan ilmu didalamnya. Apalagi untuk dapat menjawab permasalahan-permasalahan dunia moderndan diterapkan dalam segala aspek kehidupan, hal itu adalah yang nonesense.Anggapan-anggapan diatas adalah indikasi bahwa orang tersebut tidak mau berusaha membuka Al-Qur’andan menganalisis kandungan ayat-ayatnya. Olehkarenya, anggapan itu sangat keliru dan bertolak belakang dengansemangat Al-Qur’an itu sendiri.Bukti-buktidibawah ini menunjukkan sebaliknya :v Bahwa wahyu yangpertama yang diturunkan ALLAH SWT kepada NabiNYA Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca atau belajar ( Q.S 96 : 1-5 ) dan menggunakan akal, bukan perintah untuk sholat, puasa atau zikrullah. Demikian tinggi hikmah dari turunnya ayat ini, menunjukkan perhatian islam yang besar terhadap ilmu pengetahuan.v Bahwa ALLAH SWT mengangkat manusia ( Adam AS ) sebagai kalifahNYAdimuka bumi dan bukan paramalikat-NYA sebab adanya ilmu pengetahuan ( Q.S 2 : 31-22 ). Dengan kelebihan ilmu pengetahuan itu, ALLAH SWT memuliakan Adam AS sehingga memerintahkan para malaikatnya untuk bersujud terhadap nabi Adam AS.v Manusia yang memiliki derajad paling tinggi di sisi ALLAH SWT adalah manusia yang memiliki iman dan ilmu ( Q.S 58 : 11 ). Mengapa ? karena iman membawa manusia kepada ketinggian diaherat ( fi akhiroti k hasanah ), dan ilmu membawa manusia pada ketinggian dunia ( fid dunya khasanah ).v Syarat manusia yang berhaq diangkat menjadi pemimpin dalam islam ada dua hal, yaitu : ilmu yang tinggi danfisik yang sehat ( Q.S 2 : 247 ). Ini menunukkan betapa tinggi penghargaan islamkepad nilai-nilai ilmu dan nilai-nilai kesehatan.v Bahkan ALLAH SWT melarang manusia melakukan suatu pekerjaan atau perbuatan tanpa memiliki ilmunya ( Q.S 17 : 36 ). Artinya, bahwa islam sangat menghargai spesialisasi dalam berbagai bidang ilmu dan menganjurkan umatnya untuk menjadi seseorang yang profesional sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing ( menjadi exspret dalam bidangnya ).KEMUNDURAN UMAT ISLAMSejarah menunjukkan bahwa kaum muslimmempelajari dan melaksanakan ajaran agamanyadengan benar. Maka mereka memimpin dunia dengan pakar-pakar yang menguasaidalam disiplin ilmunya masing-masingsehingga baratpun belajar dari mereka. Baru di masa kaum muslim meninggalkan ajaran agamanya, tergiur dengan kenikmatan duniawi, dan berpaling kebarat, ALLAH SWT merendahkan dan menghinakan mereka.Sesungguhnya Rosulullah SAW telah memperingatkan umatnya akan hal ini sebagaimana dalam hadisnya : “ kelak akan datang suatu masa dimana kalian akan menjadi seperti makanan diatas piring yang dihadapi oleh orang-orang yang kelaparan. Maka para sahabat bertanya, “ Apakah karena jumlah kita sedikit ya Rosulullah?. Jawab Nabi SAW, “bahkan jumlah kalian sangat banyak. Tetapi kalian terkena penyakit “ Wahn “! Tanya para sahabat, “ Apa itu Wahn ya rosulullah?. Jawab Nabi SAW, “ kalian cinta dunia an takut mati “.Adapun sistem penurunan ilmu dari ALLAH SWTkepad manusia secara ringkas dapat digambarkan dalam bagan sebagai berikut ;Sumber-sumber ilmu pengetahuan dalam islamSetelahkita mengetahui betapa tinggi perhatian islam terhadap ilmu pengetahuan dan betapa ALLAH SWT mewajibkan kepad kaum muslimin untuk belajar dan terus belajar, maka islampun mengatur dan mmenggariskan kepada umatnya agar mereka menjadi umat yang terbaik ( dalm ilmu pengetahuan dan dalam segala hal ), agar mereka tidak salah da tersesat, dengan memberikan bingkai sumber-sumber pengetahuan berdasarkan urutan kebenaran sebagai berikut:· Al-Qur’an dan As-SunnahALLAH SWT telah memerintahkan hamba-NYAuntuk menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunah sebagai sumber pertama ilmupengetahuan. Hal ini dikarenakan keduanya langsung dari sisi ALLAH SWT dan dalam Pengawasa-NYA, sehingga terjaga dari kesalahan, dan terbebas dari segala vested interest apapun. Kewajiban mengambil ilmu dari keduanyadisampaikan ALLAH SWT melaluia berbagai perintah untukmemikirkan ayat-ayat-NYA ( Q.S 12 :1-3 ) dan menjadikan Nabi SAW sebagai pemimpin dalam segala hal ( Q.S 33 : 21 ).· Alam SemestaALLAH SWT telah memerintahkan manusiauntuk memikirkan alam semesta ( Q.S 3 : 190-192 )dan mengambil berbagai hukum serta manfaat darinya. Beberapa yat-ayat yang telah dibuktikan oleh pengetahuan modern, seperti:ü Ayat tentang asal mula alam semesta dari kabut atau nebule ( Q.S 41: 11)ü Ayat tentang urutan penciptaan ( Q.S 79 : 28-30 ): kegelapan ( nebula dari kumpulan H dan He yang bergerak pelan ). Adany asumber cahay akibat medan magnetik yang menghasilkan panas radiasi termonuklir ( bintang dan matahari ) pembakaran atom H manjadi He lalu menjadi C lalu menjadi O baru terbentuknya benda padat dan logam seperti planet ( bumi ) panas menurun membentuk kondensi baru membentuk air baru mengakibatkan adanya kehidupan ( tumbuhan).ü Ayat bahwa bintang-bintang merupakan sumber panas yang tinggi ( Q.S 86 : 3 ). Matahari sebagai contoh tingkat panasnya mencapai 6000 derajad celcius.ü Ayat tentang ekspansi kosmos ( Q. S 51 : 47 )ü Ayat bahwa planet berada dalam sistem tata surya terdekat ( sama’ad dunya ) ( Q.S 37 :6 ).ü Ayat yang membedakan planet sebagai pemantul cahya ( nur kaukab ) dengan matahari sebagai sumber cahaya ( siraj ) ( Q. S 71 : 16 ).ü Ayat tentang gaya tarik antara planet ( Q.S27 : 88 ).ü Ayat bahwa matahari dan bulan memiliki waktu orbit yang berbeda-beda ( Q.S 55 : 5 ) dan garis edar sendiri-sendiri yang tetap ( Q. S 36 : 40 ).ü Ayat bahwa bumiitu bulat ( kawwara-yukawiru ) dan melakukan rotasi ( Q.S 39 : 5 ).ü Ayat tentang tekanan udara rendah diangkasa ( Q.S 6 : 125 ).ü Ayat tentang sampainya manusia ke ruang angkasa ( in dibedakan dengan lau ) dengan ilmu pengetahuan ( sulthon ) ( Q.S 55 : 33 ).ü Ayat tentang jenis-jenis awan , proses penciptaan hujan es dan salju ( Q.S 24:43)ü Ayat tentang awal kehidupan dari air ( Q.S 21 : 30 ).ü Ayat tentang aingin sebagai mediasi dalam proses penyerbukan ( pollen ) tumbuhan ( Q.S 15 : 22 ).ü Ayat bahwa pada tumbuhan terdapat pasangan bunga jantan (etamine) dan bunga betina (ovules) yang menghasilkan perkawinan ( Q.S 13 : 3).ü Ayat tentang terjadinya proses air susu ibu ( ASI )(farst ),lalu diserapoleh darah ( dam), lalukekelenjar air susu ( Q.S 16 : 66 ). Perlu dicatat bahwasistem peredaran darah baruditemukan oleh Harvey 10 abad setelah wafatnya Muhammad SAW.ü Ayat tentang penciptaan manusia dari air maniyang merupakan campuran ( Q.S 76 : 2 ). Mani merupakan campuran dari 4 tahapan testicules ( pembuatan spermatozoid ), vescules seminates ( membuat cairan yang bersama mani ), prostarte ( pemberi warna dan bau ), cooper dan mary ( pemberi cairan yang melekat dan lendir).ü Ayat tentang zyangote dikokohkan tempatnya dalam rahim ( Q.S 25 : 3 )dengan tumbuhnya villis yang seperti akar yan menempel pada rahim.ü Ayat tentang proses penciptaan manusia melalui mani ( nutfa ), zygote yang melekat ( ‘alaqoh), segumpal daging:embrio ( mudghah ), dibungkus tulang dalam misenhyme ( ‘idhama ), tulang tersebut dibalut otot dan daging ( lahma ). ( Q.S 23 :14 ).· Diri ManusiaALLAH SWT memerintahkan agar manusia memperhatikan tentang proses penciptaan, baik secara fisiologisifisik ( Q.S 86 :5 ). Maupun psikologi jiwa tersebut ( Q.S 91 : 7-10)· SejarahALLAH SWT memerintahkan manusia agar melihat kebenaran wahyu-NYA melalui lembar-lembar sejarah ( Q.S 12 :111). Jika manusia masih ragu akan kebenaran wahyu-NYA, dan masih ragu akan datangnya hari pembalasan,maka perhatikan kaum Nuh, Hud, Shalih, Fir’aun dan sebagainya. Yang keberadaannya dibenarkan dalam sejarah hingga saat ini.Pembagian ilmu yang wajib dipelajariIslam membagi ilmu yang wajib dipelajari kedalam dua kelompok yaitu:v Fardhu’ain yaitu ilmu yang wajb dipelajari oelh setiap muslim tanpa kecuali, diantaranya : akidah , ibadah , Tazkiyyah Nafs, akhlaq dan lain-lain. Jika seorang muslim tidak mengetahui dan mempelajarinya,maka ia akan merugi, kenapa ? ,.hal ini dikarenakan harus dimiliki oleh setiap orang agar kehidupan pribadinya selamat didunia dan aherat,dan agar kehidupan bermasyarakatpun terjaga dan berjalan dengan baik.v FarduKifayah yaitu ilmu yang hukum wajibnya menjadi gugur jika sudah ada sebagian kelompokumat islam yang mempelajarinya. Dalam hal ini adalah ilmu-ilmu yang bersifat keduniwian, misal: kedokteran, ilmu tanah , tekhnik bangunan dan lain-lain